4 Tips Merawat Tanaman Euphorbia

4 Tips Merawat Tanaman Euphorbia

Di Indonesia, tanaman euphorbia sudah mulai populer, tanaman yang berasal dari Madagaskar ini sangatlah unik. Kalian juga bisa menanamnya di rumah jika kalian menginginkannya, berikut adalah beberapa tips menanam dan merawat tanaman euphorbia.

Karena tanaman euphorbia memiliki bunga yang kecil serta warnanya yang kurang menarik perhatian, tanaman ini kurang diminati oleh para pecinta tanaman hias, namun setelah Thailand membuat rekayasa pada tanaman euphorbia ini, membuat banyak orang menjadi tertarik untuk menanam tanaman euphorbia ini di rumah.

Tanaman euphorbia memiliki bunga yang lebih besar ketika sudah menerima rekayasa genetik. Tidak hanya bunganya yang besar tetapi warnanya terlihat semakin mencolok, sampai bisa diberikan warna gradasi.

Kalian yang berniat untuk mencoba menanam tanaman euphorbia, berikut adalah tips menanam tanaman euphorbia.

Tips Menanam Tanaman Euphorbia

Syarat Tumbuh

Tanaman ini tumbuh dengan syarat yang tidaklah sulit, apa lagi kalian yang tinggal atau berada di negara Indonesia. Tanaman ini sangat suka dengan sinar matahari langsung, ditambah lagi dapat bertahan hidup di tempat yang sangat panas sekalipun. Kalian juga tidak perlu menyiram tanaman ini terlalu banyak karena bunganya tidak memerlukan banyak air.

Teruslah menyimpan tanaman ini di bawah sinar matahari, jika kalian menyimpan di tempat yang kurang cahaya atau redup, tanaman ini akan jarang berbunga.

Penyiraman

Walau tanaman ini sangat mudah ditanam, kita juga perlu memberikannya air dengan teknik yang tepat. Cara menyiramnya sangat mudah, siramlah ranaman ini selama seminggu sekali secukupnya.

Karena batang dari tanaman euphorbia ini sangatlah sensitif dengan air, kalian bisa memberikan air di bagian areanya saja, tidak perlu sampai mengenaik batangnya. Karena jika batangnya terkena air bisa membuatnya menjadi busuk dan daunnya akan ikut terkena dampak dengan berubah menjadi warna kuning dan kemudian tanaman akan mati.

Cahaya Matahari

Tanaman ini sangat membutukan cahaya matahari, hal ini tidak boleh sampai anda abaikan. malah beberapa jenis bunga dari tanaman ini mampu bertahan ketika hidup di gurun pasir sekalipun. untuk menjaga tanaman ini tetap bertahan, teruslah menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Pupuk

Berilah pupuk pada tanaman euphorbia agar nutrisi untuk tanaman ini tetap terjaga. Kalian dapat memberikan pupuk organik ataupun kimia, namun jenis pupuk yang tepat untuk tanaman euphorbia adalah pupuk majemuk yang mengandung campurang PK, N, dan NPK. Disarankan untuk memperbanyak kandungan PK dibanding N dan NPK.

Jenis Tanaman Euphorbia

  1. Euphorbia milii

Euphorbia milii merupakan salah satu dari tiga jenis bunga euphorbia yang mana memiliki popularitas terbaik, dimana banyak orang yang sudah memilikinya. Kromosom pada tanaman ini tergolong tidak stabil, hal tersebut membuatnya mengalami mutasi.

Hal tersebut membuat tanaman ini memiliki anakan yang berbeda sifat dengan indukannya, contohnya memiliki warna serta ukuran yang berbeda. Karena itu juga tanaman ini mempunya banyak warna, mulai dari oranye, merah, putih, hitam, dan lain-lain.

  1. Euphorbia amygdaloides

Jenis tanaman ini biasa ditemukan di kawasan hutan-hutan Eropa. Tanaman ini bisa tumbuh sampai ukuran mencapai 80 cm, tanaman ini kebanyakan berwarna hijau dari batang hingga bunganya. Bunga ini akan mulai bermekaran ketika musim semi di awal musim panas telah datang.

  1. Euphorbia lacteal

Tanaman yang berasal dari India ini memiliki bentuk yang unik dan tumbuh di dalam kaktus. Tanaman ini dapat tumbuh sampai 5 meter dan kurang cocok jika di tanam di rumah karena bisa berbahaya, karena dalam tanaman ini ada getah putih yang dapat merusak kulit manusia dan bengkak.