5 Tahapan Menanam Buah Delima di Halaman Rumah

Pohon Buah Delima

Buah delima memiliki kandungan vitamin yang banyak, mulai dari Vitamin C, B6 dan E. Buah ini tidak ada salahnya jika kalian tanam di rumah sendiri, ditambah lagi sekarang sangat sulit menemukan buah ini dipasaran.

Buah yang berasal dari kawasan Iran ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, tekstur renyah yang terdapat pada daging buah ini berbentuk butiran kecil, sangat unik.

Kalian yang tertarik untuk menanamnya di rumah, simak beberapa langkah untuk menanam buah delima di rumah.

1. Memilih Bibit

Cara terbaik untuk menanam pohon buah delima adalah dengan stek batang, hal ini bisa membuat pohon yang akan anda tanam nanti memiliki kualitas yang sama baik dengan idukan pohon yang anda ambil.

Untuk menanam dari bibit, pertama anda harus menyiapkan bibit yang berasal dari butiran buah delima, kemudian gosok terus dengan tisu sampai lembut dan terpisah dari dagingnya, lalu keringkan dalam beberapa hari.

2. Tahap Penyemaian Bibit Delima

Sambil menunggu, kalian bisa siapkan media semai terlebih dahulu, pakailah tanah gembur yang sudah menyatu dengan popok kandang atau kompos, kemudian sekam.

skala tanah, pupuk dan sekam adalah 2:1:1. Yang kemudian kalian masukkan ke wadah sepert polybag, kemudian tanam biji yang kering dengan kedalaman 0.5 cm.

Kubur bibit dengan tahan secara perlahan dan berikan sedikit air dengan penyemprot/spray. jangan lupa meletakkan plybag di dekat jendela untuk menjaga kadar kelembapan media tanamnya. Kalian juga sudah bisa memindahkan tanaman ke lahan tanam jika biji sudah tumbuh sampai 5 hingga 10 cm.

3. Proses Pemindahan

pH pada lahan tanam pohon ini harus mencapai 6, harus pas, tidak boleh lebih atau kurang. Beri pupuk lebih dulu pada tanah yang akan digunakan, untuk asupan nutrisi pada pohon.

Jika kalian ingin memindahkan tanaman ini, cari lahan dan beri lubang, kemudian pindahkan tunas delima tersebut kedalamnya. Bagian akar kalian timbun dengan tanah agar tidak mudah rubuh atau membuatnya tetap berdiri tegak. Berikan jarak 1 meter antar lubang jika kalian menanam lebih dari 1 pohon buah delima.

4. Perawatan Pohon Buah Delima

Untuk menjaga tanaman buah delima tetap subur, tentu memerlukan cara merawat seperti pohon lain pada umumnya, agar tanaman yang kita tanam tumbuh dengan subur dan berbuah dengan cepat.

Pertama-tama adalah memberikan air pada tanaman kita dengan teratur, lakukan penyiraman 2 kali sehari, yaitu setiap pagi dan sore.

Kemudian memberikan pupuk ulang serta dua minggu sekali lakukan penyiangan. Lalu dilanjutkan dengan teliti melihat kondisi pohon yang ditanam, pastikan tidak ada hama yang menyerang dan gangguan lainnya.

Untuk memastikan pohon berbuah dengan buah yang berkualitas, coba berikan perawatan lebih seperti memberikan pupuk buah, dan lakukan secara rutin.

5. Masa Panen Buah Delima

Pada usia 3 sampai 5 tahun, pohon delima akan mulai berbuah untuk pertama kali, tetapi di tahun pertama kedua bisa saja menghasilkan buah walau hanya sedikit.

Ciri-ciri buah delima yang sudah matang :

  • Berukuran 5 sampai 13 cm
  • Kulit buah berwarna merah
  • Di ketuk akan terdengar suara seperti logam