Bercocok Tanam 5 Sayuran yang Cepat Panen

Bercocok Tanam 5 Sayuran yang Cepat Panen

Sampai sekarang ini, pandemi virus corona masih belum hilang dan membuat masyarakat Indonesia harus memperpanjang masa karantina mereka. Hal ini membuat kita merasa bosan ketika berada dirumah tanpa kegiatan dan sebaiknya kita melakukan hal yang positif seperti bercocok tanam. Ini bisa membantu kita untuk menjaga lingkungan dan sangat bermanfaat.

Cobalah melakukan cocok tanam dengan tanaman yang mudah di tanam dan tentunya bisa menjadi bahan makanan seperti sayur. Berikut ini adalah beberapa tanaman sayur yang mudah ditanam dirumah dan mudah untuk dipanen.

1.Kentang

Kentang bisa menjadi pengganti nasi karuna kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman ini. Idealnya sayuran yang satu ini tumbuh di dataran tinggi, namun bukan masalah jika kita mencoba untuk menanamnya dirumah.

Salah satu faktor penting untuk kentang adalah sinar matahari, dimana tanaman ini perlu mendapatkan sinar matahari paling tidak 8 jam perhari.

Untuk mengetahui apakah kentang yang kita tanam sudah bisa panen, dengan menunggu tanaman ini ditanam dengan umur paling tidak 3 sampai 4 bulan, biasanya ketika sudah mulai layu dan mati disitulah sudah bisa di panen.

2. Kacang Polong

Sayuran yang satu ini bisa ditanam dengan iklim yang berbeda-beda asalkan cuacanya sejuk dan terpancar sinar matahari agar kacang polong dapat tumbung dengan sempurna. Dengan cuaca yang tidak menentu sekarang ini, lebih baik menanamnya di dalam ruangan terlebih dahulu sampai memindahkannya keluar.

Sebarkan benihnya di tanah lalu Anda hanya perlu menyiraminya secara teratur, ketika tanaman sudah tumbuh semakin tinggi, gantilah pancang pada tanaman agar bagian batang tanaman dapat tersokong dengan baik.

Perlu menunggu masa panen selama 2 sampai 3 bulan untuk memanennya. Dalam kacang polong terdapat gas nitrogen dan kita tidak perlu memakai pupuk untuk menanamnya.

3. Bayam

Sayur bayam memiliki waktu panen yang tidak terlalu lama yaitu 4 sampai 5 minggu. Tanaman ini bisa ditanam dengan baik pada saat musim hujan.

Tanam benih bayam ke dalam tanah lalu menyiramnya secara rutin, dalam jangka waktu 30 hari Anda bisa langsung memanen bayam segar dari rumah Anda sendiri.

4. Salada

Selada adalah tanaman sayur yang paling mudah untuk ditanam, tidak seperti kentang yang membutuhkan waktu cukup lama. Biasanya selada memerlukan tekstur tanah yang lembap, karena benih selada tidak menyukai tanah yang semai dan panas.

Disarankan untuk pertumbuhan yang baik Anda perlu menyiram selada dengan hati-hati, karena seperti yang diketahui kalau daunnya sangat rapuh. Untuk menjaga tumbuhan ini agar tidak mudah hancur, Anda bisa menyiramnya dengan sprayer.

5. Daun Bawang

Daun bawang dapat tumbuh di iklim apapun, apapun kondisi halaman untuk menanam tanaman ini mulai dari luas sampai kecil sekalipun Anda masih bisa menanam daun bawang.

Berilah jarang menanam daun bawang ini 6 sampai 9 cm, hal ini dilakukan agar daun bawang tumbuh terpisah dengan baik dan Anda bisa menyiraminya secara teratur.