Cara Membasmi Rumput Liar Agar Tidak Tumbuh Lagi

Cara Membasmi Rumput Liar Agar Tidak Tumbuh Lagi

Rumput liar menganggu keindahan di rumah Anda? Mencari cara untuk menghilangkan rumput liar agar tidak tumbuh lagi? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian praktekkan untuk menghilangkan rumput liar.

Tidak hanya menghalangi keindahan di rumah Anda, tetap rumput liar juga termasuk ke dalam kategori gulma yang dapat merusak tanaman hias disekitarnya.

Berikut adalah beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rumput liar dan semoga dengan cara ini rumput liar tidak akan datang dan tumbuh lagi di halaman rumah kita.

Cara Membasmi Rumput Liar

1. Air Panas

Cobalah menggunakan Air panas, coba dengan yang sudah mendidih, cara tersebut dikatakan dapat membuat rumput liar mati dan tidak tumbuh lagi.

Untuk lebih hematnya ketika Anda sedang memasak air untuk merebus telor atau memasak mie, kalian bisa menggunakan air rebusan tersebut untuk disiramkan ke rumput liar. Coba lah memakai air mendidih ini karena panasnya dapat menghilangkan rumput liar sampai ke akarnya.

2. Pemutih

Coba gunakan cairan pemutih untuk membasmi rumput liar yang menganggu tanaman hias Anda, siram pemutih untuk membasmi rumput liar yang tumbuh di celah-celah celah atau pada permukaan tembok.

Tahapnya dengan menyiramkan pemutih ke rumputliar dan tunggu selama 1 sampai 2 hari. setelah itu barulah kalian cabut rumput liar sampai ke akarnya.

3. Garam

Garam menjadi solusi lain untuk membasmi rumput liar, dan caranya tidaklah sulit dibanding cara lainnya.

Selain mudah didapat, cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, hanya perlu menaburkan garam ke rumput liar. Garam tersebut akan menyerap kandungan air yang ada di rumput liar sampai rumput tersebut layu dan mati. Hati-hati jangan sampai garam mengenai tanaman hiasmu.

4. Cuka dan Sabun Cuci

Cara lain yang tentu mudah juga untuk di dapatkan adalah cuka dan sabun cuci.

Asam asetat yang terkandung dalam cuka merupakan zat yang bisa merusak tanaman. Untuk itu cobalah memakai cuka yang dicampur dengan sabun cuci piring dan masukkan ke dalam botol semprot.

Kemudian semprotkan cairan cuka dan sabun cuci yang sudah di campur ke rumput liar, tidak lupa untuk berhati-hati agar tanaman Anda tidak terkena cairan tersebut.

5. Belerang

Gunakan belerang, cara ini sangat berguna untuk kamu yang sekaligus ingin punya persedian pembasmi rumput liar yang alami.

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 4 liter udara
  • 2 kg garam
  • 2 botol kecil cuka
  • 3 ons belerang

Rebus 2 kg garam dan 3 ons belerang ke dalam 4 liter udara, tunggu hingga mendidih.
Tuangkan cuka, lalu tempatkan pada wadah khusus dan tunggu sekitar 12 jam.

6. Herbisida Rumput

Bahan sebelumnya bisa menjadi Herbisida, kalau kalian tidak sempat membuatnya, kalian bisa membali produk langsung yang dijual dipasar.

Herbisida adalah produk yang dapat membasmi gulma seperti rumput liar, biasanya di pakai oleh para petani. Ketika cairan ini dipakai sudah dipastikan tidak ada rumput liar lagi yang akan tumbuh, karena cairan ini akan merusak rumput liar sampai pada akarnya.

7. Bensin

Gunakan bahan kimia untuk membasmi rumput liar, salah satunya adalah dengan menyiramkan bensin. Cairan ini terbilang ampuh, bisa dibilang ini sama seperti herbisida, tetapi bahan ini dapat membuat tanah tercemar dan tidak sehat lagi untuk ditanami tanaman.

Cara penggunaannya:

  • Campurkan bensin dengan garam, pupuk urea, dan sabun cuci
  • Aduk semua bahan tersebut hingga menyatu
  • Semprotkan campuran tersebut pada rumput liar.

Boraks

Gunakan boraks, Karena boraks dapat menjadi racun untuk membasmi rumput liar sampai ke akarnya.

Berikut cara penggunaannya :

  • Campur boraks dengan air secukupnya
  • Siramkan ke bagian rumah yang ditumbuhi rumput pembohong.

9. Soda Kue

Jika cara di atas masih membuat Anda ragu atau tidak berani melakukannya, cobalah dengan bahan yang lebih ramah seperti soda kue.

Baking sida mampu mengubah pH normal tanah menjadi pH basa, sehingga rumput liar akan mati.

Cara penggunaannya:

  • Campurkan baking soda dengan air secukupnya
  • Siramkan ke rumput liar.

10. Air Kelapa dan Ragi Tape

Campuran air kelapa dan ragi tape bisa menjadi cairan yang ampuh untuk membasmi rumput liar yang menganggu halaman rumah kalian.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan 2 L air kelapa, 60 gr detergen, 25 butir ragi tape, 1,5 kg pupuk urea, 1/4 kg garam
  • Campurkan semua bahan tersebut sampai merata hingga menjadi racun rumput yang ampuh
  • Semprot atau siram pada rumput liar.