Cara Menanam Bunga Krokot di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krokot

Menanam bunga krokot di rumah akan membuat pemandangan di rumah Anda semakin indah. Jika Anda tertarik untuk menanamnya, berikut ini kami berikan cara yang benar dalam menanam bunga krokot.

Tanaman yang dikenal sebagai Moss Rose sangat cocok untuk dijadikan taman hias di rumah, karena warna dari bunganya yang sangat indah. Banyak orang yang mengira kalau tanaman ini adalah tanaman liar karena sering tumbuh di pekarangan rumah.

Untuk Anda yang masih mencoba untuk bercocok tanam, cobalah menanam bunga krokot karena sangat cocok untuk di budidayakan. Bukan tanpa alasan, karena tanaman yang satu ini dapat bertahan hidup tanpa banyak perawatan dan tidak mudah mati.

Cara Menanam Bunga Krokot

  1. Siapkan Media Tanam dan Pot

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalam mempersiapkan media tanam dan pot yang akan kalian gunakan untuk menanam tanaman ini. Selain pot, kalian bisa menggunakan wadah sejenis untuk menanam bunga ini, contohnya seperti plastik polybag, ember plastik, sampai gerabah. Ukuran dari tanaman ini tidak terlalu besar, jadi direkomendasikan untuk memakai wadah yang tidak terlalu besar.

Masukkan tanah ke dalam wadah secukupnya, pakailah tanah humus sebagai media tanam agar tanaman dapat tumbuh lebih subur.

Tanam humus bisa kalian buat dengan mudah, yaitu dengan mencampur sisa daun, akar halus yang sudah kering, sekam, bubuk kayu dan tanah gembur.

Larutkan satu sendok gula, satu liter air, dan tambahkan sedikit bakteri EM4 lalu diamkan selama 24 jam. Siram larutan EM4 ke campuran tanah dan campur sampai benar-benar merata. Setelah itu tutup tanah kemudian biarkan selama dua minggu.

  1. Pupuk Dasar

Setelah memasukan tanah humus ke dalam pot, kamu dapat menambahkan pupuk ke media tanam.

Media tanam tanah yang sudah diberikan humus dapat ditambahkan dengan pupuk. Caranya dengan melubangi tengah tanaman alam pot lalu berikan butiran pupuk organik, setelah itu tutup kembali lubang dengan tanah dan sirami dengan air.

  1. Menanam Benih Bunga Krokot

Kembang dari tanaman krokot dapat ditanam dengan dua cara, melalui biji atau stek batang. Menanam biji menjadi metode penanaman bunga krokot yang terbaik.

Lubangi bagian tengah tanah yang ada pada pot, kedalamannya kurang lebih 2 cm. Kemudian orde satu hingga tiga biji bunga ke dalam lubang tersebut. Setelah selesai tutuplah lubang dan siram menggunakan air secara rutin sampai tanaman mulai tumbuh.

Sirami tanaman di tempat yang teduh agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Setelah satu minggu kalian dapat memindahkan tanaman ini dimanapun tempat yang kalian inginkan.

  1. Penyiraman

Letak media tanam bunga ini berbeda dari yang lain, jadi penyiramannya tidak sama dengan tanaman lain. Jika tanaman yang kalian tanam di dalam tanah, siramlah selama lima hari sekali, sedangkan media pot gantung, kalian menyiramnya tiga hari sekali.

Agar tanaman bisa tumbuh subur, saat menyiramnya kalian bisa menpurkan udara dan pupuk organik cair.