Cara Menanam Cabai di Rumah

Cara Menanam Cabai di Rumah

Seperti yang kita ketahui pada umumnya, orang Indonesia tidak bisa lepas dari tanaman cabai, karena tanaman ini menjadi salah satu bahan pokok di dapur masyarakat Indonesia.

Tanaman yang terkenal dengan rasa pedas ini tidaklah sulit untuk ditanam. Ketika sudah menanamnya dirumah sendiri tentunya Anda bisa menyediakan berbagai masakan dengan cabai yang ditanam di rumah sendiri.

Berikut adalah Cara menanam cabai dirumah

  1. Pilih benih cabai terbaik untuk Anda tanam, biasanya pilihan terbaik berasal dari buah cabai yang memiliki kualitas sama baiknya, pilih cabai yang besar dan segar.
  2. Sebelum dilakukan proses penanaman, benih cabai perlu menjalani proses perendaman agar bisa mengetahui benih mana yang kopong dan mana yang berisi. Membedakannya dengan melihat yang mengapung berarti kopong sedangkan yang tenggelam berarti berisi.
  3. Lalu jemur benih cabai jangan sampai busuk. Proses penjemuran diperlukan waktu selama 3-5 hari.

Usai proses tersebut, biji cabai juga bisa direndam kembali sampai keluar akar agar cepat tumbuh. kemudian bisa langsung ditanam.

Setelah ditanam, waktu panen cabai akan berlangsung selama 5-6 bulan.

Pengaruh pertumbuhan cabai dengan media tanam

Pertumbuhan juga bisa bergantung dengan media tanamnya, mulai dari pupuk, tanah dan semuanya perlu dilakukan perhitungan.

Tanaman dapat dipengaruhi dengan media tanamnya. Disarankan untuk memakai media tanam yang dapat dicampur oleh kompos, sekam, pupuk kandang, tanah. Untuk cabai ukuran besar gunakan sedikit tanah merah.

Pupuk diberikan tidak perlu setiap hari, hal tersebut bisa membuat tanaman tidak tumbuh secara maksimal malah overdosis. Biarkan tanaman ketika terlihat layu, jika tetap tidak berubah coba untuk menambahkan pupuk ke tanaman.

Kandungan tanah sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan, karena tanah sendiri berfungsi untuk pengantar makanan untuk tumbuhan. Ada juga yang memberikan pupuk seminggu sekali atau sebulan sekali. Cepat lambatnya panen juga bergantung dengan kondisi tanahnya, ada tiga ciri tanah yang baik untuk tanaman.

Tiga Ciri Tanah Baik Untuk Tanaman

  1. Tekstur tanah gembur, tidak terlalu padat dan tidak terlalu berpasir.
  2. Tanah yang baik yang sudah menyerap sinar matahari dengan banyak kandungan hara dan biasanya berwarna sangat gelap.
  3. Ada kehidupan di dalamnya.

Yang dimaksud ada kehidupan adalah terdapat makhluk hidup seperti cacing, atau ada binatang-binatang lainnya. Tanah disebut sangat subur ketika ada kehidupan di dalam tanah tersebut.