Cara Menanam dan Budidaya Pohon Cherry Di Indonesia

Cara Menanam Pohon Cherry Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, seperti yang kita tahu keberadaan buah cherry sangatlah langkah, Tetapi bukan hal yang tidak mungkin untuk menemukan buah ini dan bahkan kita bisa menanam pohon Cherry di rumah kita sendiri.

Memang sulit mencari buah ini di tempat atau toko buah yang menjual banyak jenis buah-buahan. Rasa dari buah ini memang sangat khas dan juga nikmat, rasanya seperti anggur yang manis dengan kombinasi rasa asam yang membuatnya terasa segar, berbeda dengan buah cherry yang kalian biasamakan saat disajikan dengan kue ulang tahun yang berada di atas.

Syarat Tumbuh Pohon Cherry

Kita perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu seperti apa syarat untuk tumbuh dari tanaman yang memiliki nama latin Prunus avium ini.

Kita biasanya menemukan buah ini di negara lain dengan mudah, di tempat dengan iklim empat musim seperti Amerika Serikat dan Eropa. Namun, hal tersebut bukan berarti tidak mungkin menanamnya di Indonesia yang memiliki wilayah iklim sedang.

Jika kalian tinggal di tempat dengan iklim sejuk seperti Lembang, Jawa Barat, untuk menanamnya adalah hal yang mungkin.

Syarat yang perlu diperhatikan:

  • Dataran tinggi dengan ketinggian minimal 700 mdpl
  • Iklim sejuk, jangan pilih daerah yang suhunya bisa mencapai -1 derajat atau 30 derajat celcius
  • Area dengan jenis tanah berpasir kering dengan sistem irigasi yang baik

Kalau tempat yang kita tinggali mendukung, kita dapat menanam pohon Cherry yang akan tumbuh sampai ketinggian 11 meter. Tidak sampai disitu saja, pohon yang kita tanam bisa menghasilkan buah dengan ukuran diameter 2 cm berwarna merah setiap tahunnya.

Tahapan Budidaya Pohon Cherry di Indonesia

  1. Lahan Tanam Cherry

Persiapkanlah lahan untuk menanam pohon Cherry, kalian harus ingat bahwa tempat kalian memenuhi syarat tanam di atas sebelumnya. Sediakan lahan di halaman rumah kalian dengan ukurang kurang lebih 50 x 50 cm.

Kalian bisa mulai membuat lubang untuk di tanamkan pohon cherry, pastikan kedalaman lubang mencapai 50 cm. Jangan lupa untuk mengisinya dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Jika sudah terisi 2/3 dari kedalaman lubangnya, kalian bisa mendiamkannya terlebih dahulu selama 3 minggu.

  1. Pilih Bibit Berkualitas

Kalian dapat membeli bibit yang berkualitas di toko tanaman, atau bisa juga menggunakan biji yang berasal dari buah Cherrynya langsung, pastikan buahnya sudah tua, besar, dan tidak ada cacat.

Pisahkan bagian biji dan dagingnya, biji yang sudah kalian pisahkan langsung dijemur kurang lebih 24 jam. Setelah itu kalian bisa membalutnya dengan tisu dan menyimpannya di dalam lemari es kurang lebih 1 minggu.

Sudah sesuai waktu yang ditentukan, kalian bisa mengeluarkan biji yang kalian simpan di kulkas dan diamkan selama satu jam terlebih dahulu di suhu ruangan.

  1. Penanaman Bibit

Buatlah lubang di tanah yang sudah disiapkan sebelumnya dengan kedalaman 2,5-5 cm, tutup bagiannya dengan pasir kurang lebih 2,5 cm. Lindungi bibit yang akan anda tanam agar tidak dimakan oleh hewan pemakan bijian dengan memagarinya dengan kawat atau sejenisnya.

Siram bagian bibit dengan air sedikit jangan sampai tergenang. Lama kelamaan akan muncul tunas dan akar tunggangan yang akan berkembang kemudian. Jika tunas sudah cukup tinggi kita bisa memberikan penahan untuk tunasnya dengan batang kayu, ini dilakukan agar pohon tumbuh dengan tegak dan lurus.

  1. Perawatan Pohon Cherry

Untuk perawatan hampir tidak ada bedanya dengan tanaman lain, berikan air, pupuk, penyulaman, serta pemberantasan hama yang mengganggu.

Tata caranya adalah sebagai berikut:

  • Penyiraman dilakukan hanya sekali sehari
  • Pemupukan dilakukan sebulan sekali, tambah pupuk buah jika pohon sudah beberapa bulan
  • Penyulaman dilakukan jika ada bagian dari tanaman yang layu atau mati, kamu bisa memangkasnya atau menyulamnya dengan cara vegetatif
  • Penyiangan dilakukan setiap minggu agar gulma tidak disekitarnya
  • Pestisida hanya diperlukan jika tanaman terserang hama atau penyakit tanaman
  1. Masa Panen Tanaman Cherry

Kita perlu mengingat kalau Cherry ini biasanya mulai berbuah jika sudah menginjak 3 sampai 4 tahun. Perawatan yang baik akan membuatnya berbuah lebih cepat dari waktu yang biasanya, awalnya akan nampak bunga dengan warna merah mudah atau putih yang nantinya berubah menjadi buah kecil.

Jika buahnya sudah berwarna merah dan berukurang kurang lebih 2 cm, kalian bisa memetiknya dengan memotong bagian batang buah, gunakan guntuk untuk memetik buah Cherry.