Cara Menanam dan Merawat Bunga Keladi agar Tampak Lebih Indah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Keladi agar Tampak Lebih Indah

Di pasar tanaman, kalian bisa menemukan banyak jenis tanaman keladi, mulai dari keladi dengan daun hijau, merah sampai daunya yang berwarna hitam.

Karena motif serta bentuk daunnya yang unik dengan variasi warna, cukup banyak orang yang menyukai tanaman keladi ini. Kita akan memiliki tanaman keladi yang subur dan indah jika cara menanam dan perawatannya terjaga dengan baik, dan pastinya dengan tanaman ini pemandangan di rumah kita akan semakin indah.

Cara Menanam Bunga Keladi dalam Pot

Pastikan anda menanam tanaman dengan baik dan benar agar tanaman yang ditanam lebih subur dan lebih indah.

Kalian harus memperhatikan hal-hal seperti waktu tanam, media tanam, pupuk dan kualitas dari bibit yang akan di tanam.

Berikut cara menanamnya :

  1. Siapkan Media Tanam untuk Bunga Keladi

Agar mudah dipindahkan ke banyak lokasi untuk memperindah rumah kita, biasanya tanaman ini ditanam dengan menggunakan media pot sebagai wadahnya.

Pilih pot sesuai keinginan, pilih ukuran pot sesuai dengan selera anda, jika makin besar tentunya tanaman ini akan tumbuh lebih besar.

Setelah itu sediakan media tanam dan pupuk dasarnya, lalu mulailah membuka lembaran karung untuk melakukan pencampuran media tanam.

Berikan tanah kompos serta pasir, berikan perbandingan 3 : 1, yang kemudian bisa kita tuangkan 100 gram Granule Bio Organic GDM SaMe. Kemudian masukkan semua bahan serta media tanamnya ke dalam pot.

  1. Siapkan Bibit

Belilah Bibit tanaman ini di toko tanaman.

Pilih bibit dengan ukuran sedang (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil).

Bibit terbaik memiliki tinggi sekitar 6-10 cm.

Kalian harus memastikan bibit tersebut berada dalam kualitas terbaik, kondisi bibiknya sehat, daunnya mengkilat, tidak cacat, dan tidak rusak hama.

Hal tersebut bertujuan agar bunga dapat tumbuh dengan subur dan sehat.

  1. Tahap Penanaman
  • Ambil bibit yang sudah dipilih.
  • Buat lubang dengan kedalaman sekitar 2-3 cm pada media tanam.
  • Masukkan bibit bunga dan akarnya ke dalam pot.
  • Tutup akar dan bagian bawah tanaman dengan tanah, tekan pelan-pelan agar bibit tidak roboh.
  • Siram tanaman dengan air yang sudah bersama GDM Black BOS dengan perbandingan 10 ml GDM Black BOS dan 1 liter air ke permukaan media tanam.
  • Letakkan tanaman di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung agar tanaman tekena sinarnya yang membuat tanaman layu.

Cara Merawat Bunga Keladi

  • Tempatkan di tempat yang cocok dengan tanaman, beberapa tanaman boleh terkena matahari langsung, tetapi beberapa jenis tanaman yang sebaliknya.
  • Sirami secara teratur dengan air di pagi dan sore hari.
  • Pada tanaman kurang dari 1 tahun, berikan pupuk organik cair dengan takaran 20 ml yang dicampurkan dengan siraman tanaman. lakukan terus tiap 1 minggu sekali.
  • ketika sudah tumbuh selama 3 – 9 bulan, tambahkan pupuk untuk memperkaya unsur hara pada tanah. Untuk memaksimalkan pertumbuhan.
  • Hindari serangan penyakit, dengan membuang daun yang kering atau terlalu tua secara perlahan.
  • Kalian bisa menambah tanaman keladi baru jika tanaman sudah memiliki anakan, kamu dapat memindahkanak anakan tersebut ke pot lain.