Cara Menanam dan Merawat Lidah Buaya di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Lidah Buaya di Rumah

Kebanyakan orang di Indonesia sudah mengetahui seperti apa manfaat dari tanaman lidah buaya, tidak hanya sekedar meringankan luka ringan, lidah buaya juga bisa menjadi dekorasi yang manis. Apa lagi tanaman ini mudah untuk ditanam dan dirawat.

Tanaman dengan nama latin aloe vera ini sering kali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kosmetik. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghidrasi kulit dan juga bagian dagingnya biasa digunakan untuk membuat rambut kita tumbuh.

Selain itu bagian dagingnya juga bisa digunakan untuk membuat minuman segar, dan masih ada banyak lagi manfaat yang terdapat pada tanaman lidah buaya.

Cara Menanam Lidah Buaya di Rumah

Cara Tanam Aloe Vera Dalam Halaman Rumah

Tanaman lidah buaya sangat cocok jika di tanamn di area yang memiliki iklim hangat. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam diluar rumah.

Untuk menanam di rumah, kita perlu mengetahui bahwa tanah yang digunakan untuk menanamnya memiliki daya yang sangat baik dalam menyerap air. Dengan begitu kita tidak perlu repot-repot memberikan air ke tanaman lidah buaya secara berkala.

Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Rumah

Kalian bisa menanam tanaman lidah buaya di dalam rumah, kalian bisa memilih lidah buaya berukuran kecil, karena itu sangat cocok untuk ditanam di dalam rumah dan mudah dirawat.

Tanaman lidah buaya juga tidak akan mudah mati walau kita lupa untuk menyiramnya selama berhari-hari.

Untuk mendapatkan lidah buaya yang terbaik, kita tidak boleh asal saat membelinya. Lebih baik jika kita menanamnya dengan cara mencampur beberapa tanah yang sehat.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Tiga buah lidah buaya ukuran sedang;
  • Campuran tanah untuk sukulen;
  • Batu-batu kerikil warna putih;
  • Pot keramik / terakota ukuran sedang.

Cara Menanam Lidah Buaya ke Dalam Pot:

  1. Masukkan tanah khusus hingga hampir memenuhi pot
  2. Masukkan lidah buaya ke dalam pot satu per satu, tata dengan baik
  3. Masukkan kembali tanah hingga menutupi leher pot
  4. Tata batu kerikil di atas tanah untuk memberikan kesan cantik
  5. Siram lidah buaya dengan sedikit air.

Kemudian setelah proses penanaman berakhir, kalian bisa letakkan tanaman tersebut di area rumah yang terang. Jangan sampai kalian terlupa untuk menyiram sekali atau dua kali tiap minggunya. Kalian juga tidak boleh terlalu sering memberikannya air, karena tanaman lidah buaya bisa cepat membusuk.

Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Kalian bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya yang kalian tanam di luar rumah atau di dalam rumah dengan pot, walau sebelumnya kalian sudah memotong batang lidah buaya, tanaman lidah buaya bisa tetap terus tumbuh.

Cara mudah membuat lidah buaya tumbuh kembali

Sistem dari pertumbuhan tanaman ini hampir sebagian besar orang sudah mengetahuinya, yaitu kita memotongnya untuk di manfaatkan yang kemudian lidah buaya baru akan tubuh. Tunas kecilnya bahkan bisa kalian tanam kembali di dalam pot atau di halaman rumah sekalipun.

Kalian juga bisa menanam potongan daun tanaman lidah buaya. Caranya adalah dengan memotong beberapa daun lidah buaya lalu bagian atasnya kalian gunakan dengan memakainya seukuran 7,5cm.

Masukkan bagian tersebut ke dalam wadah yang berisi dengan campuran tanah subur, kita tunggu selang beberapa hari sampai muncul daun baru pada permukaan tanahnya. Setelah tanaman sudah tumbuh dengan ukuran yang sesuai, kalian bisa memindahkannya ke dalam pot.