Cara Menanam Sayuran Organik Di Rumah

Cara Menanam Sayuran Organik Di Rumah

Masyarakat Indonesia terutama kalangan ibu-ibu tengah gemar menanam sayuran di rumah sendiri, hal tersebut membuat cara organik menjadi populer. Berikut ini ada beberapa cara untuk menanam sayuran organik di rumah sendiri.

Manfaatnya sangat baik buat diri kita sendiri dan keluarga, karena bisa mendapatkan sayuran segar dan berkualitas yang ditanam sendiri.

Walau lahan yang Anda miliki kecil atau terbatas, cobalah untuk menanam sayuran organik di pekarangan rumah Anda sendiri.

Berikut adalah cara yang paling mudah menanam sayuran organik.

  1. Pilih Tanah Terbaik

Pemilihan tanah yang baik akan membuat tanaman Anda memiliki hasil produksi yang sama baiknya. Buatlah dengan kandungan organik yang baik mulai dari kompos dan bahan lainnya.

  1. Lahan Dengan Pencerahan Sinar Matahari

Pastikan Anda menanam sayuran di tempat yang terkena sinar matahari, sinar matahari dibutuhkan paling tidak 6-10 jam perharinya.

  1. Pilih Tanaman yang Tepat

Lihatlah jenis sayuran dan varietas yang tepat, itu dilakukan agar tanaman yang Anda tanam tumbuh dengan baik.

Perkirakan berapa lama sinar matahari diperlukan, tata cara merawat jenis tanaman yang ditanam, sampai proses pertumbuhannya.

  1. Tanam Bunga

Alam disekitar menjadi faktor pendukung tanaman yang kita tanam, dengan penyerbukan akan membantu mereka tumbuh. Tanamlah beberapa bunga disekitar tanaman yang Anda tanam untuk mendatangkan lebah dan melakukan proses penyerbukan.

  1. Pakai Bibit Yang Berkualitas

Salah satu keberhasilan dalam menanam sayuran organik adalah menanam bibit organik pilihan yang berkualitas, dimana dalam bibit tersebut tidak mengandung pestisida atau bahan kimia sejenisnya.

  1. Buat Sendiri Kompos dan Mulsa

Sediakan banyak bahan organik sejenis kompos untuk mendukung pertumbuhan sayuran organik yang Anda tanam.

Kegunaan kompos tersendiri adalah menjaga tanah untuk tetap lembab dan menjadi nutrisi untuk tanaman, komponen lain yang akan membantu tanaman adalah cacing serta mikroba yang akan memperbaiki tanah.

Anda dapat membuat kompos sendiri dengan campuran dari daun, rumput dan sampah dapur seperti kulit telur dan bubuk kopi.

  1. Memahami Kemana Arah Angin

Jika di rumah dan sekitar lingkungan Anda memiliki cuaca angin yang besar, cobalah untuk membuat pertahanan sendiri di lingkungan rumahmu. Salah satu cara dengan membuat pagar, dinding, teralis atau sejenisnya, hal ini dilakukan agar angin tidak membuat tanaman Anda terpengaruh.

  1. Tanaman Pendamping

Kombinasikanlah tanaman kalian dengan jenis tanaman yang lainnya agar hasil semakin meningkat. Tidak hanya itu saja, tanaman pendamping dapat mencegah penyakit dan rasa sayuran yang kita tanam akan meningkat.

  1. Buatlah Bedengan

Buatlah bedengan yang berfungsi untuk menyediakan sayuran yang Anda miliki tetap tumbuh dan membuat musim selanjutnya tetap berjalan secara signifikan.

Pada saat tanaman berada di tempat tinggi ketika musim semi datang akan menjadi hangat dan saat panen tiba jadi lebih mudah.

Peringatan untuk Anda agar tidak memakai kayu yang dirawat dengan bahan kimia.

  1. Gunakan Teknik Berkebun Vertikal

Jika kamu memiliki area untuk menanam tanaman tidak cukup besar, disarankan menggunakan cara ini. Posisi ini digunakan untuk membuat tanaman yang Anda tanam mendapat jumlah yang maksimal. Ini pun dapat mencegah penyakit jamur dan tetap menjaga daun tanaman serta sayuran Anda dari tanah.

  1. Melakukan rotasi

Cara seperti ini biasanya sering dilakukan oleh para petani sayuran. Hal seperti ini dilakukan oleh para petani untuk menghindari hama, tanah yang kurang nutrisi serta penyakit lainnya.

Lakukan cara menanam berdampingan serta melakukan pengecekan berkala agar terhindar dari hama dan penyakit lainnya. Dengan begitu hasil sayuran organik akan maksimal dan sehat.