Cara Menanam Tanaman Hias

Cara Menanam Tanaman Hias

Di saat pandemi seperti ini membuat kita ingin mencari kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu luang, salah satunya dengan menanam tanaman hias untuk mempercantik tampilan rumah.

Pada masa PSBB dan karantina ini, melakukan aktivitas bercocok tanam tanaman hias menjadi kegiatan serta hobi yang menyenangkan. Selain itu kita juga bisa melakukannya sebagai kegiatan bisnis.

Tidak hanya menghiasi rumah Anda, bagi kaum bisnis bisa memanfaatkan tanaman hias untuk menghiasi ruangan terbuka untuk perkantoran, hotel dan sebagainya.

Jika Anda seorang pemula atau termasuk salah satu penggemar tanaman hias, tidak ada salahnya untuk memahami dasar-dasar tanaman hias.

Dasar-Dasar Tanaman Hias

Merawat tanaman hias berbeda dengan tanaman lainnya, karena perlu melakukan teknik dan pengetahuan tentang tanaman hias agar dapat tumbuh dengan baik.

Berikut ini beberapa tips serta dasar-dasar menanam tanaman hias.

  1. Pilih Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki banyak jenis dan pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Jika Anda menanam tanaman hias untuk bisnis, pastikan Anda memilih tanaman hias yang tengah menjadi tren tahun ini, karena mulai dari harga akan mendapat bayaran tertinggi dan permintaan akan naik tentunya.

Jika kalian menanam untuk hobi dan memperindah rumah kalian, pilihlah tanaman hias yang akan tumbuh abadi serta daya tarik yang sangat menarik, contohnya tanaman sukulen dan hiasan taman.

  1. Pilih Tanaman Hias Sesuai Kebutuhan Serta Cahaya Matahari

Tanaman hias merupahan tanaman yang sensitif, kalian harus memperhatikan beberapa hal yang akan membuat tanaman hias Anda berubah, mulai dari cahaya yang menyinarinya, kelembapan serta penempatan.

Sama seperti tanaman lain, sinar matahari sangat diperlukan oleh tanaman hias juga. Tiap jenis tanaman hias memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda-beda, ada juga yang harus ditempatkan ditempat teduh.

Pilihlah tanaman hias yang sesuai dengan kondisi rumah Anda agar pertumbuhannya lebih baik, ada 3 kategori cahaya yang ada di lingkungan rumah, yaitu cahaya redup, sedang dan terang.

– Cahaya Redup

Kondisi ini biasanya tempat yang memiliki cahaya cenderung redup atau kurang diterangi oleh cahaya matahari, salah satunya di rumah susun atau perkampungan dengan dikelilingi bangunan tinggi. Tempat ini cocok untuk tanaman bambu, lily perdamaian, hingga tanaman laba-laba.

– Cahaya Sedang

Ini merupakan kondisi dimana cahaya matahari tidak terlalu menyoroti, atau bisa dikatakan keadaan rumah memiliki suhu tidak terlalu pana dan tidak terlalu dingin. tanaman yang cocok ditempat ini seperti begonia, alocasia, hingga tanaman wijaya kusuma.

– Cahaya Terang

Tempat ini sering kali terkena sinar matahari, dan kategori tanaman untuk tempat ini sangat menguntungkan karena sebagian besar jenis tanaman hias kebanyakan perlu terkena cahaya matahari lebih lama.

Tanaman jenis sukulen seperti kaktus, asparagus ferns, hingga pohon ara bisa Anda tanam dalam kondisi seperti ini.

  1. Pilih Wadah Yang Sesuai

Tidak hanya tanaman hiasnya saja untuk menghiasi, tapi perlu wadah yang cocok untuk tanaman hiasnya. Pilihlah variasi pot atau mug yang cantik serta ukuran yang pas, hal ini tentu akan berpengaruh juga pada kelembapan dan penumbuhan akar tanaman. Jika terlalu kecil wadahnya akan membuat pertumbuhan akar terhambat dan akhirnya berpengaruh pada pertumbuhan tanaman hias.

  1. Amati Pemeliharaan Dengan Baik

Tidak lupa untuk mengamati perawatan tanaman Anda dengan menyiramnya secara teratur, pemupukan serta menggati tanah secara berkala.

Siram tanaman hias 2 kali sehari pada pagi hari dan sore, siram bagian daun dan tanah dengan air bersih untuk menghilangkan debu kotor dan bakteri.

Pupuk berfungsi sebagai makanan tambahan, vitamin dan mempertambah potensi pertumbuhan tanaman Anda. Pilih pupuk dengan unsur NPK yang diperlukan tanaman. tidak lupa menambahkan pupuk pada tanah yang Anda ganti secara berkala.

Selalu memantau kebutuhan tanaman Anda mulai dari air, udaha sampai kelembapan dari tanaman Anda. Semua elemen itu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang tanaman hias.

  1. Teknik Pembentukan yang Estetik

Teknik menghias tanaman juga sangat penting agar nilai jual tanaman hias semakin tinggi karena memiliki bentuk yang menarik dan estetik.

Dari sumber yang ada merekomendasikan gunting tajam untuk menghiasi tanaman hias, agar terlihat tegas dan tumbuh dengan baik. Lakukan pemangkasan pada tanaman hias yang memiliki kuncuk dan buka, potonglah ketika bunga sudah mekar. Potonglah saat awal musim pertumbuhan untuk tanaman hias yang tidak memiliki kuncup atau bunga.

Hal penting lainnya adalah memotong daun serta bunga yang sudah layu atau mati agar keadaan tersebut tidak menjalar ke bagian tanaman lainnya.