Cara Merawat Tanaman Agar Tidak Mudah Layu

Merawat Tanaman Agar Tidak Mudah Layu

Kalian yang hobi menanam bunga di halam rumah Anda, pasti ingin tahu seperti apa cara yang tepat agar tanaman yang kita tanam tidak mudah layu.

Sebelumnya kalian pasti sudah merasakan, tanaman yang kalian tanam dan telah di rawat dengan baik tiba-tiba layu tanpa kalian tahu sebabnya. Ini pasti sangat menyebalkan, karena tanaman yang kalian rawat dengan baik tiba-tiba layu dan membuat keindahan rumah Anda berkurang karenanya.

Hal seperti ini sering kali terjadi disebabkan perawatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan jenis tanaman yang kalian tanam. Seperti apa cara yang benar merawat tanaman agar tidak mudah layu? Berikut adalah ringkasannya.

1. Menyiram Tanaman Dengan Tepat

Siramlah tanaman kalian dengan benar, karena semua tanaman membutuhkan air untuk tumbuh dengan baik. Pastikan Anda mengetahui kebutuhan air yang diperlukan untuk jenis tanaman yang kalian tanam, tidak boleh menyiram secara asal-asalan.

Berikut adalah metode penyiramannya:

Menyiram tanaman pada malam dan pagi hari, ini dilakukan agar tanaman bisa menahan terik matahari di siang hari. Kalian perlu menyiramnya secara merata agar pertumbuhan tanaman berkembang dengan baik, dan jangan menyiram bagian daun terlalu basah karena bisa terserang penyakit. Siramlah dengan baik jangan sampai tanah tergenang air, karena itu akan menutup jalur oksigen untuk tanaman Anda, hal tersebut dalam membuat tanaman menjadi cepat rusak.

2. Memantau Sinar Matahari Untuk Tanaman

Perhatikan sinar matahari yang menyinari tanaman Anda, karena jenis-jenis tanaman membutuhkan sinar matahari dengan berbeda-beda takaran. Contohnya seperti sayur dan buah yang memerlukan sinar matahari langsung selama 6 jam, tanaman hias memerlukan 3 – 4 jam sinar matahari setiap harinya.

Tanaman yang berbeda dari yang lain seperti sukulen, kaktus atau pakis. Dimana tanaman jenis tersebut hanya memerlukan sinar matahari selama 2 jam setiap harinya.

3. Pantau Suhu dan Kelembapan

Pastikan suhu dan kelembapan tempat Anda meletakkan tanaman atau daerah Anda tinggal sesuai dengan kebutuhan tumbuhan yang Anda tanam. Jika Anda berada di daerah tropis dekat dengan pantai, janganlah menanam tanaman subtropis atau tanaman dataran tinggi.

Kondisi tanaman juga dipengaruhi oleh kelembapan udara, maka dari itu Anda dapat menggunakan humidifier untuk mengakali kelembapan udara di sekitar tanaman.

4. Mencegah Hama dan Penyakit

Lindungi tanaman Anda dari serangan hama dan penyakit tanaman lainnya, Anda bisa membuat strategi sebagai bentu antisipasi.

Langkah Antisipasi :

  • Jaga kualitas tanah dan berikan nutrisi
  • Merotasi tanaman secara rutin
  • Mengoptimalkan lokasi dan kondisi tanaman
  • Memangkas rumput liar di sekitar tanaman.

5. Potong Bagian Tanaman yang Kering dan Mati

Segera mungkin potong bagian tanaman yang kering dan mati, agar tidak menyebar kebagian tanaman lainnya yang masih hidup. Kita tidak boleh membiarkan kondisi tersebut, agar kedepannya tanaman dapat kembali tumbuh dengan subur.

6. Jangan Beri Pupuk Kimia

Berikanlah perawatan terbaik untuk tubuhan Anda dengan bahan pupuk alami atau organik, karena dengan begitu tanaman Anda akan tubuh subur dengan kandungan murni yang terdapat pada pupuk tersebut.

Gunakanlah bahan pupuk alami seperti sisa kotoran, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, dan pupuk daur ulang agar tanaman yang kita tanam tidak mudah layu.

7. Berikan Nutrisi Vital Untuk Tanaman

Ada beberapa nutrisi penting yang bisa diberikan untuk tanaman.

  • Nitrogen
  • Fosfor
  • Potasium
  • Magnesium
  • Sulfur
  • Kalsium.

Kandungan tersebut biasa terdapat dalam tanah, namun seiring berjalannya waktu, lama kelamaan nutrisi tersebut akan berkurang dan menghilang.

Gantilah tanah pada tanaman Anda secara berkala agar tumbuhan bisa berkembang dengan baik dan tidak layu.

8. Bersihkan Sekeliling Tanaman

Bersihkanlah sampah yang ada disekitar tanaman Anda, seperti sampah kaleng, plastik, dan sampah lainnya. Sampah lain dari tanaman juga perlu dibersihkan, seperti patahan dahan dan selalu memangkas bagian tanaman yang tidak tumbuh secara teratur lalu buang kotoran serta debu yang berada di tanaman Anda.

9. Hindari Sumber Sirkulasi Udara

Hindari sumber sirkulasi udara ketika Anda meletakkan tanaman Anda di tempat tertentu. Contohnya seperti pendingin ruangan, itu akan membuat tanaman Anda mudah kering.

Humidifier bisa Anda gunakan untuk mengakali masalah ini untuk jauhkan tanaman yang Anda letakkan di dalam rumah dari sumber-sumber sirkulasi udara tersebut.